Pages

Labels

Sabtu, 08 Mei 2010

Greasemonkey di Firefox

Firefox memang ga ada matinya. Khususnya untuk Add-ons yang useful dan luar biasa. Nih ada Add-ons yang paling disukai penulis (eh lebih tepatnya pengetik ya??? hehehe) yaitu Greasemonkey. Kegunaan dari add-ons ini adalah untuk menjalankan script-script tertentu (biasanya javascript) yang dapat memudahkan kita dalam browsing internet..


Allows you to customize the way a webpage displays using small bits of JavaScript. ... begitulah klaim yang dinyatakan di situs gudangnya add-ons, ADD-ONS FIREFOX

Untuk Scriptnya sendiri bisa diketik langsung oleh pengguna. (Silahkan para master Javascript berkreasi dengan script ini hehehe). Namun kalau tak mengerti javascript (seperti saya '__' )

silahkan ke situs gudangnya script Greasemonkey, yaitu Userscript.org


PENGGUNAAN GREASEMONKEY

  • Yang pertama pastinya kita harus menginstall Greasemonkey di browser Firefox kita langsung aja ke sini GREASEMONKEY atau kalo mau langsung klik disini aja GREASEMONKEY.




  • Lalu kalau proses install berhasil maka greasemonkey yang aktif akan muncul di status bar firefox.
  • Sekarang tinggal nyari script yang cocok nih... ok kesini aja USERSCRIPT
  • Cari di search misalkan 'google translator tooltip'


  • Lalu apa gunanya script 'google translate tooltip'?? lihat gambar dibawah... kita bisa menerjemahakan kata yg di block oleh kursor di halaman web manapun. Lalu keluar ikon bergambar lup. klik saja dan atur bahasanya. Jadi dengan menggunakan ini kita dapat men-translate apapun yg inginkan tanpa harus membuka google translate sekalipun. Sebagai contoh dibawah saya memblock kata "gratis dan siapa saja" maka secara otomatis akan keluar "ikon lup" dan bila kita arahkan kursor ke ikon tersebut maka akan keluar dialog mini hasil deterjemahan google translate (sebelum digunakan setting dulu bahasanya dengan mengeklik ">>" di kotak pesan yg keluar.


  • Masih banyak bahkan ratusan script berguna yang ditawarkan Greasemonkey di situs Userscript.org. Seperti script membuat facebook lebih mudah dipakai, download otomatis, pengisian capcay (captcha) otomatis, dll
Sekian postingan dari saya semoga saja membantu saudara2 sekalian. Tolong di comment ya ^^

3 komentar:

  1. Wehehe PERTAMAX di blog sendiri hehehe

    BalasHapus
  2. wah mantap nih tutorialnya,keduax deh....happy blogging ya ^_^

    BalasHapus
  3. Trimakasih telah mengunjungi blog saya... salam kenal mas...

    BalasHapus